Perkembangan Novel di Indonesia

Perjalanan novel di Indonesia dimulai semenjak era balai pustaka. Pada era balai pustaka yaitu sekitar tahun 1920-an, novel saat itu identik dengan Marah Rusli dengan Siti Nurbayanya. Kemudian novelis dan sastrawan lainnya pun bermunculan seperti Sutan Takdir Alisahbana, Cahiril Anwar (bidang puisi) dan lain sebagainya. Seperti halnya puisi, prosa juga memiliki dua kategori yaitu prosa lama dan prosa baru. Prosa lama bersifat anonim seperti dongeng, fabel, hikayat, sage. Sedangkan prosa baru diukur sesuai dengan panjang pendeknya yaitu cerpen untuk cerita pendek dan novel untuk cerita yang panjang.
Prosa Indonesia baru atau novel muncul pada tahun 1920-an. Saat itu novel yang menjadi monumental adalah novel Siti Nurbaya karya Marah Rusli. Kemudian pada era pujangga baru muncul novelis Sutan Takdir Alisabana dengan roman yang berjudul Layar Terkembang. Lalu menjelang tahun kemerdekaan muncul juga Armin Pane yang menulis novel dengan judul Belanggu.
Pada tahun 1949 muncul novel yang berjudul Atheis karya Achdiat Karta Miharja. Novel ini termasuk novel yang berhasil diterima oleh kalangan masyarakat dengan mengangkat tema keagamaan. Kemudian pada tahun 1968 muncul novel yang berjudul Merahnya Merah karya Iwan Simatupang. Novel ini juga berhasil menarik masyarakat penikmat sastra karena novelnya yang absurd terutama dalam gaya berceritanya. Pada tahun 1982 muncul novel karya Akhmad Tohari dengan judul Ronggeng Dukuh Paruk yang sukses di dunia novel indoensia dengan mengangkat tema daerah. Setelah itu masuk pada tahun millennium, yaitu tahun 2000 ke atas, muncul pula novel-novel Indonesia dan sampai sekarang terus berkembang hingga eranya Andrea Hirata dan A Fuadi.
Perkembangan novel di Indonesia tentulah sangat panjang jika dijabarkan. Perkembangan novel-novel di Indonesia tidak lepas dari faktor budaya yang melekat saat itu, kemudian faktor sosial masyarakatnya juga menjadi faktor perkembangan novel di indoesia dari era pujangga baru hingga saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s