Parodi dan Tragedi

Menurut Moeliono (Ed) (2007: 831), parodi adalah karya sastra atau seni yang dengan sengaja menirukan gaya, kata penulis, atau pencipta lain dengan maksud mencari efek kejenakaan. Sedangkan menurut Esten, dkk (Ed) (2007: 592), parodi adalah karya sastra yang di dalamnya terdapat tiruan pemakaian kata, gaya, sikap hati, gagasan pengarang lain dengan tujuan melucu atau mencemoohkan. Hal itu, dicapai dengan melebih-lebihkan contoh aslinya. Parodi berasal dari kata Yunani paradoks yang berarti lagu sebagai tanggapan, akord sumbang. Semula sebuah pentas yang membayangi sebuah tragedi, kemudian lebih umum, sebuah karya serius yang terkenal maupun sebuah aliran/ pengarang tertentu. Parodi dapat dianggap sebagai sebuah banyolan, tetapi kadang-kadang bernada polemis karena mencapai sebuah karya atau aliran sebagai kadaluarsa.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa parodi adalah karya sastra yang kata atau kalimat yang tertulis mempunyai tujuan untuk melucu atau mencemooh dengan meniru gaya/karya pengarang lain tetapi penyampaiannya dengan cara yang halus, yaitu dengan cara melucu. Lebih ringkasnya adalah sindiran yang penyampaiannya dengan cara melucu.
Sementara itu, menurut Moeliono (Ed) (2007: 1208), tragedi mempunyai pengertian (1) sandiwara sedih (pelaku utamanya menderita kesengsaraan lahir dan batin yang luar biasa atau sampai meninggal); (2) peristiwa yang menyedihkan. Menurut Esten, dkk (Ed) (2007: 813) tragedi berasal dari istilah Inggris, tragedy berarti drama yang isi ceritanya berakhir dengan kedukaan yang amat memilukan. Tragedi terbagi menjadi dua yaitu tragedi balas dendam dan tragedi komedi. Tragedi balas dendam biasanya menekankan pertumpahan darah, kekejaman, dan peristiwa-peristiwa yang bertalian dengan incest, perzinahan, hantu, bunuh diri, mayat, dan sebagainya. Sedangkan tragedi komedi adalah drama yang mempunyai alur yang cocok dengan drama duka, tetapi karena adanya dewa penyelamat, cerita dapat berakhir dengan kebahagiaan.
Dari kedua pengertian tersebut dapat disimpulkan tragedi mempunyai pengertian kejadian yang dialami oleh seorang tokoh yang berakhir dengan kesedihan. Parodi dan tragedi merupakan kejadian tragedi yang dialami oleh seseorang tetap dibuat lucu yang bertujuan untuk mendapat efek kejenakaan bagi dirinya sendiri atau orang lain, dan juga sebagai pelipur lara dari tragedi sedih yang dialaminya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s