sinopsis novel berjudul derap-derap tasbih

Ringkasan cerita pada

Novel “Derap-Derap Tasbih” Karya Hadi S. Khuli

oleh Khaerul Sobar

Suasana sebuah aula Fakultas Kedokteran Universitas Tunas Bangsa sangat ramai dan penuh sesak.Tak ada kursi yang kosong. Di sana sedang diadakan seminar tentang Penyebaran dan Kehidupan Penderita HIV/AIDS yang dibawakan oleh Nilasari aktivis Nurani Bangsa. Seminar tersebut dimoderatori oleh Fatih, ia seorang penulis. Setelah beberapa jam kemudian seminar pun selesai dan Fatih siap bergegas pergi ke Dunia Kata yaitu Kantor di mana Fatih berkarya.

Depan pintu masuk aula berdiri seorang laki-laki yaitu bernama Haris, ia seorang mahasiswa Universitas Tunas Bangsa sekaligus sahabat Fatih.kemudian mereka berdua pergi ke parkiran untuk mengambil motor dengan jalan kaki. pada jalan kampus, tiba-tiba ada sebuah mobil yang didalamnya ada tiga orang wanita yaitu Dian, Mila, dan sasha dengan membawa mobilnya melaju dan ciiiittttt…..mobil tersebut mendadak berhenti karena hampir saja menabrak Fatih dan Haris. Pertengkaran pun terjadi antara Haris dan Sasha. Namun Fatih dengan cepat meminta maaf dan menarik Haris untuk pergi ke Dunai Kata.

Kantor Dunia Kata yang dikelola oleh Cak Ud cukup berkambang di daerah Jogja. Kemudian Fatih dan Haris tiba di sana bertemu dengan sahabatnya yaitu Cak Ud. Mereka bertiga lalu membahas masalah novel Fatih yang terbaru berjudul Tasbih Michael yang akan segera terbit dan di launchingkan. Disamping itu Fatih memikirkan keluarga angkatnya yaitu orang-orang ndalem, terutama Wardah yang telah di tolak oleh Fatih dalam perjodohan kiai Sahal ayah angkatnya, yang membuat Wardah benci dan sakit hati terhadap Fatih.

Pada suatu hari kiai Sahal beserta Istrinya nyai Badriah tindak haji bersama sahabatnya yang ada di Jakarta, namun Wardah anaknya tidak ikut bersama orang tuanya dan ia dititpkan pada Fatih. Kemudian Fatih, Pak Subhan dan Bu Zaenab dalam satu mobil mengantarkan kiai ke Solo dan dibelakangnya Wardah dan teman-temannya. Setalah mengantarkan kiai Fatih bersama rombongan yang lain pun pulang ke ndalem, namun Mobil yang ditumpangi Wardah tidak bersama rombongan.selang beberapa saat ada pesan masuk pada handphone pak Subhan yang berisikan bahwa Wardah pergi ke rumah temannya.

Launching dan diskusi tentang novel Tasbih Michael pun berjalan sangat ramai, di sana bang Nirwan yaitu dosen sastra Universitas Tunas Bangsa sebagai pembicaranya.Dian dan Mila berada di perpustakaan yang kebetulan berada persis di sebelah tempat launcing novel tersebut. Mereka kaget setelah melihat bahwa Fatih adalah seorang penulis yang mengingatkan Dian akan kejadian hampir menabraknya. Diam-diam Dian pergi ke Toko buku untuk membeli Novel Tasbih Michael itu.

Wardah yang kini dimabuk asmara dengan seorang guide bermana Hendra, dimata Wardah Hendra adalah sosok yang menawan dan lebih baik Dari Fatih. Mereka saling bertemu ketika di Tawangmangu saat sepulang dari Solo. Wardah kemudian janjian untuk ketemu dengan Hendra di Malioboro Mall jam dua siang. Wardah tak menyadari bahwa niat busuk Hendra yang akan menjebak dia, dengan membelikan banyak barang-barang dan diajak pada sebuah hotel tempat menginap Hendra. Akhirnya hal yang tidak diinginkan pun terjadi, Wardah telah ternodai oleh Hendra seorang guide itu.

Seusai launcing di luar kota,Fatih pulang ke ndalem untuk istirahat dan menanyakan tentang Wardah pada pak Subhan. Fatih Kaget saat pak Subhan berbicara bahwa Wardah sudah lama tidak pulang ndalem. Kemudian Fatih memutuskan mencari Wardah sampai ketemu tak peduli dirinya sendiri, ia meminjam motor Haris untuk pergi ke Rumah teman-temannya Wardah yaitu Nila dan Ais. Malam itu Fatih sendiri pergi ke sana dan hasilnya nihil, Wardah tidak ada di sana. Fatih hanya mendapatkan informasi tentang Hendra kenalan yang belum lama dengan Wardah. Tak pikir tubuhnya, Fatih terus melaju untuk pergi ke perusahaan guide, namun apa daya di perempatan Fatih ditabrak oleh Jazzy, mobil yang dikendarai oleh Mila, sasha serta pacar-pacarnya. Meraka kabur tak ingin bertanggung jawab atas kejadian itu.

Malam itu Fatih dibawa ke Rumah sakit Panti Husada, tak disangka ataupun kebetulan ternyata Dian yang merawat Fatih sejak awal sampai Fatih sembuh. Ini Dian lakukan karena sebagai rasa bersalahnya pada Fatih, ia celaka gara-gara mobil miliknya yang menabrak Fatih. Disisi lain pula Dian merasa senang dan puas, karena telah merawat sang pujaan hatinya itu. Akhinya Fatih pulang ke ndalem untuk istirahat, selang beberapa hari Fatih mendengar bahwa Wardah berada di rumah Ibu Hartini Surabaya. Menyuruh Fatih untuk menjemput Wardah di sana.

Malam itu Fatih pergi ke Surabaya untuk menjemput Wardah dan pagi harinya Fatih sampai ditempat tujuan yaitu rumah Ibu Hartini. Sore harinya mereka berdua sampai ndalem menggunakan kereta. Sebuah rahasia pun terbongkar setelah beberapa hari kiai dan nyai pulang dari mekah. Anak satu-satunya mereka telah ternodai dan hamil dengan seseorang yang bernama Hendra. Hingga akhirnya Wardah dititipkan pada bibinya yang di Jakarta,ia juga seorang psikolog.

Kabar gembira pun menimpa Fatih yang mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Australia atas bantuan Bang Nirwan. Sebelum Fatih berangkat, ia sempatkan untuk bertemu dengan Dian kekasih hatinya di Kedai Buku. Di sanalah mereka saling mencurahkan kerinduan dan saling berpamitan. Dian memberikan sebuah syal yang berukirkan huruf D, ialah inisial dari nama Dian. Begitu pula Fatih memberikan sebuah Tasbih peninggalan ayahnya dan secarik puisi yang indah sebagai kenangan terindah pada saat perpisahan itu.

*****selesai*****

2 responses to “sinopsis novel berjudul derap-derap tasbih

  1. permisi jk di perkenankan sya ingn mnggunakan puisi yg ada dlm novel trsbt untk undangan pernikahan sya.kbtulan sya sdh prnh mmbca dan trtarik pda puisi trsbt.tlg blesannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s