PETUALANGAN DIDO LEBAH DI NEGERI KESEDIHAN

Judul Buku : Tujuh Kebaikan Dido Lebah di Negeri Kesedihan.
Penulis : Heru Kurniawan dan Mulasih Tary
Penerbit : Pustaka Anak
Hal : 102
Tahun Terbit : Cetakan I, Juli 2011

Ditengah arus globalisasi dengan berbagai macam bentuk budaya elektronik yang semakin mengakar, Hal ini peranan sastra sangat penting terhadap perkembangan anak, baik dalam perkembangan kognisi, afektif, dan psikomotor. Dengan melihat seberapa pentingnya sastra terhadap perkembangan anak, maka perlu adanya tindakan untuk memperkenalkan sastra kepada anak sejak dini.
Dunia anak adalah dunia yang penuh imajinasi yang begitu bersahabat dengan sastra. Karena dalam sastra, dunia imajinasi anak dapat terwakili. Melalui sastra, anak bisa mendapatkan dunia yang lucu, indah, sederhana, dan nilai pendidikan yang menyenangkan. Sehingga tanpa disadari, cerita menjadi sangat efektif dalam menanamkan nilai moral dan edukasi pada anak.
Berkaitan dengan sastra anak yang berbentuk cerita, melalui buku Tujuh Kebaikan Dido Lebah di Negeri Kesedihan, anak akan diajarkan bagaimana cara menyelesaikan masalah dan belajar untuk saling menyayangi. Selain itu juga, di dalam buku tersebut mengandung nilai-nilai pekerti yang akan membentuk karakter anak yang positif.
Melaui tokoh Dido Lebah, seekor lebah yang bisa terbang, tertawa, berbicara, berbuat baik, iseng dan lucu. Ia tinggal di hutan tralala. Penulis akan membawa pembaca merasa bagaimana serunya berpetualang di Negeri Kesedihan untuk menemukan madu ajaib. Sebuah Negeri yang dihuni para binatang yang semuanya sedih. Bermain dengan imajinasi yang indah, lucu, sedih, bahagia, menegangkan, haru dan sebagainya. Menggambarkan bagaimana Dido Lebah melakukan perjalanan menuju Negeri Kesedihan, melintasi Kerajaan Tikus, Kerajaan Semut, Rumah Kayu Tupai, Kerajaan Ulat, dan masih banyak lagi tempat yang disinggahi Dido Lebah dalam petualangannya.
Dengan kehadiran buku ini, diharapkan mampu memberikan sumbangsih terhadap perkembangan karakter anak. Kisah yang diangkat dalam buku Tujuh Kebaikan Dido Lebah di Negeri Kesedihan mengandung nilai moral yang sangat baik ditanamkan kepada anak sejak dini.

BIODATA PENULIS

Khaerul Sobar, lahir di desa Kertanegara, Purbalingga, pada 31 Oktober 1990. Aktif menulis dan bergiat di Komunitas Taman Pelangi dan Teater Perisai Purwokerto. Saat ini masih aktif sebagai Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Karya-karyanya yang berupa Cerpen, Puisi, Esai, dan Cerita Anak dipublikasikan di Solopos, Merapi, Mentari-Jawa Pos, Lampung Pos. Cerita Anak yang terantologikan dalam kumpulan Dongeng Negeri Kejujuran (Surabaya: Pustaka Ilalang, 2011). Alamat rumah: desa Kertanegara Rt.01 Rw 04 Kecamatan Kertanegara-Kabupaten Purbalingga 53354; email: khaerul_sobar@yahoo.com. Telp. 085726197077.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s